tebing kali kuning,,clean climbing area????

Tebing Kali Kuning merupakan sebuah tebing andesit yang terletak di lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya di desa Kinahrejo, Kecamatan Kalikuning, Sleman, Yogyakarta. Untuk mencapai tebing ini, dari pusat kota Yogyakarta  diperlukan waktu kira kira 45 menit perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Sebelum sampai di area obyek wisata lahar merapi di kawasan mbebeng, terdapat balai milik Taman Nasional Gunung Merapi. Dengan membayar 2.000 rupiah/orang, anda kemudian harus menyusuri sungai kira kira 15 menit perjalanan hingga akhirnya sampai di tebing ini.
       Tebing ini memang merupakan bagian pembatas antara Sungai Kali Kuning dengan punggungan disebelahnya.Jika anda berrencana untuk melakukan pemanjatan dalam waktu yang cukup lama dan diperlukan menginap, pastikan anda sudah mengantongi SIMAKSI (surat izin masuk kawasan konservasi) dari Taman Nasional Gunung Merapi.  Jika hendak menginap, maka sebaiknya anda tidak mendirikan tenda di sungai ini karena jika terjadi hujan dikhawatirkan akan terjadi aliran lava dingin. Dirikanlah tenda di bagian punggungan di sebelah kiri sungai, atau anda dapat menginap di rumah Mbah Pudjo, basecamp lereng selatan Merapi yang sering digunakan penggiat alam bebas dari Yogyakarta untuk menginap.
       Pada tebing ini tidak terdapat jalur dengan pengaman tetap (hanger bolt). Pemanjatan dilakukan pada celah celah dengan system aid climbing, clean climbing, ataupun top rope. Pada beberapa jalur masih tersisa beberapa piton dan friend yang tidak dapat dilepas, sehingga menjadi permanen ditempat itu.
       Karena rata rata bentuk jalurnya adalah celah memanjang keatas maka teknik yang sering digunakan adalah jamming dan layback, mengingat batuan andesit cukup licin, mulus, dan miskin cacat batuan. Adapun pengaman yang paling baik digunakan adalah hexentrik, stopper, atupun friend/tricam.
       Tebing ini memang kalah populer dibandingkan dengan tebing siung maupun parang ndok. Namun dengan karakteristik seperti ini, saya kira tebing kali kuning ini sangat menarik dan sangat cocok untuk dijadikan kawasan pemanjatan bersih, kawasan pemanjatan yang bebas dari hanger bolt. Meskipun tidak ada aturan yang mengatur tentang penggunaan hanger bolt diarea  ini, alangkah baiknya jika kita mencoba untuk tetap dapat memanjat tebing ini tanpa harus merusaknya, mengingat kawasan ini berada didalam kawasan taman nasional

Comments

Popular posts from this blog

Beberapa fakta unik mahasiswa kehutanan UGM

Ngerong Cave Expedition Tuban East java Indonesia

TEBING SONG TAWING, SENSASI PEMANJATAN ARTIFICIAL