SUGIAN,,SURGA KECIL DI LOMBOK TIMUR


well...
sugian adalah sebuah desa kecil di kecamatan sambelia, Lombok timur.
Letak geografisnya dapat anda cari sendiri, mungkin wikipedia.com punya datanya
Lagipula saya tidak ingin membicarakan tentang letak desa ini secara geografisnya.
Yang lebih penting anda ketahui adalah bahwa tempat ini menurut saya menarik.
Kalau saya menulis tentang sesuatu yang menarik, maka yang saya maksudkan adalah keindahan alamnya.
Ya , tentu saja keindahan alamnya, memangnya apa lagi???
Saya memang hanya ingin bercerita tentang keindahan alam saja kok.

Oke...cukup sudah basa basinya!!!!!
bagaimanakah sesuatu yang menarik itu?? atau apa???

Pertama, ada 2 pulau kosong tak berpenghuni di desa ini, namanya Gili Sulat dan Gili Lawang.
Jangan harap anda menemukan fasilitas untuk turis seperti pub, cafe, atau pedagang makanan di 2 pulau ini.
Pulau ini benar benar kosong.
Paling paling anda hanya menemui beberapa orang penduduk yang mengambil kayu di hutan baku di pulau ini.
Atau menemukan nelayan nelayan yang mencari ikan disini, bahkan kadang kadang dengan menggunakan bom.woow..
Kata pengelola 2 pulau ini, 2 hal tersebut adalah illegal karena 2 pulau ini adalah daerah konservasi.
Well, sori, saya gak bermaksud membahas itu disini.
Kembali ke 2 pulau ini,jadi kalo anda tipe turis manja yang senang jalan jalan full fasilitas tanpa perlu bersusah payah karena anda punya banyak uang,
disini jelas bukan tempat anda.
Tempat ini sebenarnya lebih cocok untuk orang orang yang sedikit lebih  tahan banting.

Lalu apa yang menarik?
Baiklah, saya akan buat daftar hal hal yang mungkin bisa anda nikmati disana:

1.Diving dan snorkling, 2 hal ini sangat menyenangkan bung!!!! 2 hal ini dapat anda lakukan di pantai sugian, serta di sekitar 2 pulau tadi.
2.Jalan jalan di hutan mangrove di 2 pulau tersebut sampai tersesat...(mungkin setelah itu anda bisa daftar jadi pemandu acara man vs wild di televisi)
3.Canoeing keliling 2 pulau itu. Kamu dapat menyewa perahu motor untuk jadi kru penyelamat anda kalo canoe anda terbalik.
4.Berenang dari pantai sugian ke 2 pulau tadi
5.Berburu kepiting di malam hari di lumpur lumpur mangrove di pinggir pantai
6.Mancing, kalo anda suka mancing
7.Udahlah...udah cukup banyak, nanti anda bisa muntah kalo kebanyakan.

How to get there??

Pertama, hapalkan ini: Gili Silat dan Gili Lawang, Desa Sugian, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Kemudian tanyalah diri anda sekarang, dimanakah anda berada??
Apakah anda Sudah berada di Nusa tenggara barat?kalo sudah, apakah anda sudah berada di kabupaten lombok timur?kemudian tanya lagi, apakah anda sudah di kecamatan sambelia?
Lalu, apakah anda sudah berada di desa Sugian,? Yang terakhir, tanyalah diri anda apakah anda sudah berada di Gili Sulat atau Gili Lawang?

Maaf bung, saya hanya bercanda. Kalo anda sudah berada di Mataram, ibukota Nusa Tenggara Timur,anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Sugian. angkutan ini tersedia hingga jam 4 sore

Di desa ini anda dapat menginap di homestay yang ada disana,sekitar 50rb permalam.
Untuk fasilitas diving, snorkling, dan canoeing anda dapat menyewa di komunitas diving setempat, Sugian Diving Club
Untuk perahu motor anda dapat menyewa perahu nelayan sekitar 150-250rb perhari
Untuk makan, pesen aja di homestay tempat anda menginap
Kalo mau jalan jalan dipulau sebaiknya anda ditemani oleh dinas pengelola 2 pulau tersebut, KKLD (kawasan konservasi laut daerah, mereka juga menyewakan homestay, boat, dan peralatan snorkling)

liat foto lainnya di:sini

yah...cukup sudah penjelasan saya. Ternyata tidak terlalu istimewa..maafkan untuk kata kata saya yang terlalu berlebihan.
Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja kok. Oiya satu lagi, kalo anda datang pada saat tepat, anda dapat menikmati pemandangan paus paus yang bermigrasi melewati tempat ini, tapi saya gak itu kebenarannya karena saya tidak menyaksikannya.
Terakhir, pada saat yang tepat juga, anda dapat meminta guide anda mencarikan magic mushroom di sini, gratis untuk anda..Hanya saja, kapan waktu yang tepat itu???
Saya juga g tahu....(PGB, 30082011)


Comments

Popular posts from this blog

Beberapa fakta unik mahasiswa kehutanan UGM

Ngerong Cave Expedition Tuban East java Indonesia

TEBING SONG TAWING, SENSASI PEMANJATAN ARTIFICIAL