TEBING SEROPAN...NOT BECAUSE IT’S EASY, BUT BECAUSE IT’S HARD

hi hendry 5.12+


Kawasan Karst Gunung Sewu yang terbentang di di selatan Jawa, dari Yogyakarta hingga Pacitan, memang menawarkan banyak hal menarik bagi para penggiat alam bebas khususnya penggiat panjat tebing. Ada cukup banyak tebing karst yang berada di areal karst Gunung Sewu ini, salah satunya adalah Tebing Goa Seropan. Sesuai namanya, tebing ini sebenarnya merupakan mulut dari goa dengan nama yang sama, Goa Seropan.

Secara administratif, tebing goa seropan berada di Desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Dari pusat kota Yogyakarta dibutuhkan waktu ±1,5 jam untuk mencapai tempat ini. Dengan kendaraan umum anda dapat memilih rute Jogja-Wonosari kemudian dilanjutkan dengan rute Wonosari-Bedoyo, kemudian turun di Goa Seropan. Goa ini berjarak hanya beberapa ratus meter dari jalan raya.

Jalur pemanjatan di kawasan ini mulai dibuka pada tahun 1999 oleh Federas Panjat Tebing Indonesia (FPTI) D.I. Yogyakarta dan pemanjat dari Jepang. Bagi pemanjat pemanjat Yogyakarta, tebing goa seropan ini cukup terkenal sebagai tebing yang menawarkan tingkat kesulitan yang tinggi. Hampir seluruh face dari tebing yang terletak di mulut goa ini adalah overhang. Ada 13 jalur pemanjatan sport di tebing ini. Berikut nama jalur dan tingkat kesulitannya:

No
Nama Jalur
Tingkat Kesulitan
1
Suruu
5.10b
2
Tape panasu
5.11b
3
Transit solue
5.11a/b
4
Hi Hendry
5.12+
5
Harimau
5.11
6
King of king
5.11d
7
P
---
8
Bon appetit
5.13-
9
Hotel selppan
5.12
10
Indonesia spirit
5.12-
11
Hot wind
5.12a /5.11d
12
Dinasaur
---
13
Cool down
5.12a



Hari itu kami mencoba menjajal jalur Hi Hendry (5.12+). Jalur ini memiliki kemiringan yang cukup tajam, dengan jenis pegangan bervariasi dari pinch, hand hold dan undercut. Jalur ini cukup sulit, setengah harian kami hanya memanjat satu jalur ini saja, meski tak seorangpun berhasil menyelesaikannya. Barang kali lain waktu, kami akan kembali lagi dan menyelesaikan jalur ini.

Comments

Popular posts from this blog

Beberapa fakta unik mahasiswa kehutanan UGM

Ngerong Cave Expedition Tuban East java Indonesia

TEBING SONG TAWING, SENSASI PEMANJATAN ARTIFICIAL